Home Dewan paroki BIOPORI: Semangat berbagi berkat kepada alam

BIOPORI: Semangat berbagi berkat kepada alam

103
0
SHARE
BIOPORI: Semangat berbagi berkat kepada alam

Hendaknya umat Katolik terus bersemangat untuk berbagi berkat, tidak hanya kepada sesama manusia tetapi juga kepada alam. Itulah salah satu pesan Paskah yang disampaikan oleh Mgr. Robertus Rubyatmoko kepada umat Keuskupan Agung Semarang.
.
Seiring dengan pesan Bapa Uskup tersebut maka Dewan Paroko Gereja St. Petrus Sambiroto Semarang, pada hari Minggu 28 April 2019 membagikan alat untuk membuat biopori. Penyerahan alat pembuatan biopori tersebut dilakukan oleh Rm. Simon Atas Wahyudi, Pr di halaman gereja. Masing-masing wilayah di Paroki Sambiroto memperoleh satu alat.
.
Sebelum penyerahan, Rm Atas yang merupakan Ketua Dewan Paroki Sambiroto memberi contoh proses membuat lubang biopori, disaksikan oleh para prodiakon, misdinar dan umat.
.
Mengapa biopori?

Biopori adalah lorong-lorong kecil di dalam tanah yang terbentuk akibat berbagai akitifitas organisma di dalamnya, seperti cacing, perakaran tanaman, rayap dan fauna tanah lainnya. Lubang-lubang yang terbentuk akan terisi udara, dan akan menjadi tempat berlalunya air di dalam tanah.

Manfaat biopori untuk menerap air hujan, mendaur ulang sampah organis menjadi kompos dan menyuburkan tanah.

Secara alami biopori dibuat oleh organisme yang ada di dalam tanah. Akan tetapi di lingkungan perkotaan kondisi tanah kita sudah rusak sehingga kekurangan biopori. Kita dapat membantu untuk menyuburkan kembali dengan membuat LRB (Lubang resapan biopori).

Lubang resapan biopori adalah lubang silindris yang dibuat secara vertikal ke dalam tanah dan diisi bahan organis (sampah dapur, kebun dll)

Biasanya LRB berdiameter 10 cm dan kedalaman sekitar 100 cm, atau dalam kasus tanah dengan permukaan air tanah dangkal, tidak sampai melebihi kedalaman muka air tanah.

Lubang diisi dengan bahan organis untuk memicu aktivitas flora dan fauna tanah untuk membentuk biopori. 
.
Mari wujudkan karya nyata , terus berbagi berkat untuk alam dan lingkungan kita.