Home Dewan paroki Kapolsek dan Danramil Tembalang Resmikan Pos Jaga Gereja

Kapolsek dan Danramil Tembalang Resmikan Pos Jaga Gereja

295
0
SHARE
Kapolsek dan Danramil Tembalang Resmikan Pos Jaga Gereja

Sabtu, 22 Desember 2018, bertepatan dengan hari Ibu, Kapolsek Tembalang dan Danramil Tembalang meresmikan Pos Jaga Depan (Posda), di Gereja Katolik Santo Petrus Sambiroto Semarang. Pos Jaga yang terletak di samping pintu gerbang gereja ini sengaja dipersiapkan untuk menyambut Pengamananan Natal dan Tahun Baru 2019.

Pembangunan ini dimulai sejak 15 Oktober, terdiri dari tiga bagian yaitu pos jaga, penataan lokasi, dan perluasan pintu gerbang gereja. Pos yang dibangun di tempat yang dulu digunakan untuk jualan makanan ini dilengkapi dengan fasilitas toilet, exhaust, kipas dan bed darurat untuk istirahat.

“Saya punya pengalaman menemani jaga di Gereja Weleri sampai jam 12 malam kemudian masuk angin karena hanya di tenda, maka kami berusaha untuk membuat pos jaga yang layak agar petugas lebih nyaman” demikian yang disampaikan oleh Rm. Simon Atas Wahyudi, Pr, kepala Paroki Sambiroto pada sambutan pembukaan. Disampaikan pula bahwa keamanan memang menjadi tanggungjawab Polisi dan TNI, akan tetapi tanggung jawab kesehariannya ada di tangan masyarakat, dalam hal ini adalah gereja. Oleh karena itu Rm Atas menyambut baik ide pembuatan pos jaga ini.

Sementara Ketua Panitia Pembangunan, Bapak Mateus Teguh Yana, dalam sambutannya menekankan untuk selalu perlu waspada. “Dalam situasi yang landai, kita harus tetap waspada. Karena pihak-pihak yang tidak bertanggungjawab biasanya memanfaatkan kesempatan pada situasi yang seperti ini” tuturnya. Disampaikan pula bahwa meski gereja sudah mempunyai CCTV, tetapi alat tersebut hanya bisa untuk memantau, tidak dapat menindaklanjuti. Saat ini di gereja juga sudah ada penjaga malam, namun kedepan diharapkan gereja mempunyai satpam.

Dalam acara peresmian, Kapolsek Tembalang, Kompol Budi Rahmadi, SH, MM berkenan membuka kunci pintu Pos Jaga, didampingi oleh Danramil Tembalang dan Ketua Dewan Paroki Sambiroto. Kemudian Kapten Inf. Suryanto, Danramil Tembalang memotong pita pintu gerbang sebagai penanda diresmikannya Pos Jaga. Prasasti yang sudah disiapkan oleh panitia ditandatangani oleh tiga pihak yaitu: Camat Tembalang, Kapolsek Tembalang dan Danramil Tembalang.

Menurut panitia, keseluruhan pembangunan yang menelan biaya Rp. 103.410.000 (seratus tiga juta empa ratus sepuluh ribu rupiah) ini saat ini memang belum sempurna, masih ada beberapa fasilitas yang belum tersedia, akan tetapi paling tidak sudah dapat digunakan untuk pengamanan Natal dan Tahun Baru. Tak lupa, ucapan terimakasih yang dalam disampaikan oleh Ketua Panitia, bahwa hingga H-3 persiapan Natal, sudah ada beberapa pihak yang sudah bersedia membantu pengamanan, seperti Banser dan Polrestabes Semarang. Semoga umat dapat beribadah dengan tenang dan damai tanpa rasa khawatir. ** [ Elisabet S.A Widyastuti ]