Home Lingkungan Misa Lingkungan: Mengapa Penting Memahami Kitab Suci?

Misa Lingkungan: Mengapa Penting Memahami Kitab Suci?

1,091
0
SHARE
Misa Lingkungan: Mengapa Penting Memahami Kitab Suci?

Pada bulan Juli ini, Gereja St. Petrus Sambiroto Semarang mengagendakan kegiatan misa di seluruh lingkungan. Jadwal pertama diselenggarakan di Lingkungan Santo Yosef Puri Dinar Mas pada Senin, 2/7 di rumah Bapak Tri Hartono. Misa dipimpin oleh Romo Aloysius Budyo Pranoto, Pr. Sementara pada waktu yang sama, Rm. Simon Atas Wahyudi, Pr memimpin misa di Bukit Kencana Jaya 1.

Misa semestinya dimulai pukul 19.00 WIB, namun ketika Romo Budyo tiba di tempat, Beliau menginginkan umat yang hadir untuk memenuhi tempat duduk di bagian dalam terlebih dahulu atau minimal bisa terlihat dari tempat Romo Budyo duduk. Romo mengatakan bahwa akan ada sesuatu yang ingin dibicarakan kepada seluruh umat sebelum misa dimulai.

Setelah semua umat siap, Romo Budyo mulai membahas tentang pentingnya umat Katolik memahami isi kitab suci selain harus bertekun dalam doa. Beliau pun memberikan buku panduan untuk dapat membantu memahami kitab suci.

Dalam kitab suci terdapat 4 Injil yaitu Markus, Matius, Lukas, dan Yohanes. Untuk lebih memahami satu dengan lainnya, maka Rm. Budyo memberikan perumpamaan. “Pada sebuah peristiwa kecelakaan, biasanya apa yang diceritakan oleh polisi, warga yang menonton ataupun korban itu pasti cara  ceritanya berbeda-beda tergantung latar belakang yang bercerita dan kepada siapa cerita tersebut disampaikan” tuturnya.

“Nah, begitu juga dengan apa yang tercantum dalam buku panduan kami saat itu mengenai pandangan 'Siapakah Yesus?' itu juga berbeda-beda yang disampaikan di tiap injilnya, yang berarti tergantung sudut pandangnya” lanjutnya. “Lalu apakah pentingnya kita memahami semua itu?”  Menurut Rm. Budyo, pentingnya ialah agar kita bisa mewartakan sabda Tuhan kepada sesama dalam rupa perbuatan kasih. Karena apabila kita tidak memiliki pengetahuan mengenai kitab suci sama sekali, maka kita akan sulit untuk bisa mewartakan ajaran Yesus yang ada dalam sabda Kitab Suci kepada sesama.

 

Sosialisasi Pembangunan gedung

Seusai misa, pukul 20.30 WIB, Bapak Thomas Supriyadi, Wakil Ketua II Dewan Paroki Sambiroto beserta Tim Pembangunan mensosialisasikan rencana pembangunan aula. Informasi yang disampaikan mengenai: fungsi ruangan yang akan dibangun, proses pembangunan, pembiayaan dan kekurangan dana, dll. Diharapkan dengan adanya pembangunan  tersebut dapat membantu kegiatan paroki seperti pertemuan rutin lektor, pemazmur, prodiakon, dll.

“Saat ini paroki Sambiroto masih kekurangan tempat untuk mengadakan pertemuan sehingga seringkali tempat yang seharusnya tidak untuk pertemuan tetapi dijadikan tempat pertemuan. Hal-hal seperti itu yang akan terselesaikan masalahnya dengan pembangunan ini” papar Pak Thomas di hadapan seluruh umat yang hadir. Sosialisasi itu pun disambut positif oleh umat Puri Dinar Mas, dengan harapan semakin banyak umat yang dapat terlibat sehingga pembangunan dapat segera di mulai.**  [Kontributor: Priscilla Ardine | Editor: Lisa]