Home OMK OMK Sambiroto Selenggarakan Ekaristi Kaum Muda

OMK Sambiroto Selenggarakan Ekaristi Kaum Muda

900
0
SHARE
OMK Sambiroto Selenggarakan Ekaristi Kaum Muda

Apa sih Ekaristi Kaum Muda (EKM) itu? sudah pasti Ekaristi yang melibatkan kaum muda didalamnya. Kaum muda diajak menemukan identitas terdalamnya sebagai murid Kristus, tidak hanya dari ekaristi, tetapi juga mengungkapkannya dalam ekaristi. EKM ini merupakan acara rutin bulanan kecuali pada bulan dimana ada hari raya Natal dan Paskah.

Pada Mei ini, kebetulan OMK Sambiroto mendapat tugas menjadi panitia EKM kedua yang diselenggarakan oleh Jangkrik Mesem (Ajang Kreativitas Muda Semarang). Misa bertema “Aku di utus karena aku setia” ini dipimpin oleh Rama Agus Suryana Gunadi, Pr, yang kebetulan merupakan pastor Paroki Sambiroto.

Berbeda dari sebelumnya, misa yang diselenggarakan di Goa Maria Kerep Ambarawa (GMKA), Sabtu 26/5 ini bernuansa meditatif Taize. Dimana umat diajak untuk masuk dalam suasana hening, bermeditasi, dan melambungkan lagu-lagu dengan syair singkat namun diulang-ulang. Sesuai namanya, seluruh petugas Perayaan EKM adalah OMK. Baik petugas lektor, koor, hingga tata tertib dan kolektan adalah anak muda.

 “Kami sempat kebingungan karena lilin yang kami sediakan hanya 300, sementara umat yang datang kali ini melebihi dugaan kami. Tetapi tidak masalah karena akhirnya dapat teratasi serta ekaristi berjalan lancar.“ ungkap Benediktus Aryaguna Pangestu, Ketua OMK Sambiroto yang menjadi penanggung jawab acara ini.

“Sebelumnya kita juga ada kendala lain, seperti kurangnya koordinasi dengan pihak GMKA, sehingga ada sedikit masalah dengan sound system, tetapi karena kami berusaha memperbaikinya maka semua segera teratasi kembali“ tambahnya.

Usai perayaan Ekaristi, dilanjutkan dengan kegiatan Pentas Seni yang melibatkan OMK dari beberapa paroki. Serta ditambah penampilan dari UK3 UNNES, Teater dari PIKA, FKPK dan beberapa doorprize untuk memeriahkan Pentas Seni malam itu. Tak diduga cuaca malam itu kurang bersahabat dan sempat turun hujan. “Puji Tuhan tetap banyak OMK yang nonton pensi sampai akhir walaupun hujan, karena antusias mereka sangat besar ada sekitar 150-an orang yang stay sampai akhir acara. Jadi sangat luar biasa.“ ujar Maria Imaculata, seksi acara dalam EKM ini.

Ketua panitia EKM, Agnes Sancthi Fitri Astuti sangat mengapresiasikan usaha teman-teman serta berbagai pihak yang terlibat. Dia juga bersyukur karena kegiatan dapat berjalan dengan baik dan lancar meski sempat turun hujan. Dia juga berharap agar kedepan OMK Sambiroto dapat terlibat lagi dalam pelayanan, juga acara semakin oke.** [Novita, Lintang]