Home Keuskupan Peringati Hari Komunikasi, KAS Selenggarakan Pekan Komsos

Peringati Hari Komunikasi, KAS Selenggarakan Pekan Komsos

482
0
SHARE
Peringati Hari Komunikasi, KAS Selenggarakan Pekan Komsos

Keuskupan Agung Semarang (KAS) tahun ini akan memperingati Hari Komunikasi Sedunia dengan menyelenggarakan Pekan Komsos 2018. Komsos adalah komunikasi sosial, sebuah komisi di KAS yang berperan sebagai sarana pewartaan iman kepada umat dan masyarakat dengan menggunakan teknologi dan media massa. Pekan Komsos KAS akan diselenggarakan pada tanggal 9-13 2018 di Gereja St. Athanasius Karang Panas Semarang. Berbagai kegiatan dipersiapkan untuk menyemarakkannya.

Hari Komunikasi Sedunia ini diperingati sejak 52 tahun yang lalu. Dasarnya adalah Dokumen Konsili Vatikan II yang disebut Inter Mirifica, dan dirayakan satu minggu sebelum hari raya Pentakosta. Di awal tahun ini, pada peringatan Santo Fransiskus dari Sales, pelindung Komunikasi Sosial, Paus Fransiskus mengeluarkan pesan untuk Hari Komunikasi Sedunia yang temanya “The truth will set you free. Fake news and journalism for peace”. Sedangkan, pekan Komsos KAS 2018 mengambil tema “Kebenaran jurnalistik yang memerdekakan”

Menurut panitia penyelenggara, kegiatan yang diharapkan dapat melibatkan semua komsos dari semua paroki di KAS ini bertujuan untuk membangun kesadaran akan pentingnya media dalam gereja. Komsos harus ambil peran dan memasuki dunia media untuk memberi warna sekaligus menginjili media.

            Terdapat serangkaian kegiatan selama pekan komsos, diantaranya : Lomba cerita pendek, lomba fotografi, Lomba film pendek, Perayaan ekaristi pembukaan Pekan Komsos, Workshop ilustrasi film, Workshop fotografi, Workshop penulisan naskah film, Pameran karya, pagelaran seni dan puncaknya Temu Raya Komsos KAS tanggal 11-13 Mei 2018. Informasi mengenai tanggal dan syarat menjadi peserta dapat di baca di Instagram: @pekankomsoskas18 atau facebook: Pekan Komsos KAS 2018.

Mari umat St. Petrus Sambiroto khususnya kaum muda jangan ragu untuk terlibat dan mengembangkan potensi yang dimiliki. Bagi umat yang berminat untuk mengikuti workshop maupun temu raya, harap menghubungi Mas Jati di Sekretariat Paroki. ** [Lisa]