Home Dewan paroki Tirakatan dan Kenduri bersama Warga Sekitar

Tirakatan dan Kenduri bersama Warga Sekitar

436
0
SHARE
Tirakatan dan Kenduri bersama Warga Sekitar

Keterangan Gambar : Tirakatan HUT Paroki ke-3

Menjalin kerukunan dengan warga sekitar adalah suatu hal yang sangat penting dilakukan gereja, karena kita hidup di tengah masyarakat yang majemuk. Oleh karenanya dalam rangka memperingati HUT ke-3 Paroki St. Petrus Sambiroto, gereja mengundang warga RT 11 RW 02 Sambiroto untuk tirakatan dan kenduri bersama di selasar gereja pada Sabtu 24/2/2018.

Kegiatan yang melibatkan tetangga semacam ini rutin diselenggarakan tiap tahun sebagai ungkapan syukur sekaligus menjalin persaudaraan dengan warga sekitar. Hal ini pun sejalan dengan pesan Bapa Uskup Mgr. Robertus Rubyatmoko,  bahwa untuk menjalin kerukunan hendaknya kita sering "Srawung" (red. berelasi) dengan siapa pun baik dengan tokoh masyarakat, tokoh agama, juga dengan para tetangga terdekat. Dari srawung ini lah diharapkan muncul rasa saling menghargai dan menghormati.

Acara yang sedianya diselenggarakan jam 19.30 WIB mundur hingga pukul 22.30 WIB, karena ternyata di waktu yang sama ada hajatan di rumah warga. Namun yang menjadikan salut adalah komitmen para tetangga untuk tetap hadir memenuhi undangan. Lebih dari 30 bapak-bapak hadir, meskipun malam itu hujan mengguyur tak henti-henti.

“Kami mengucapkan terimakasih karena silaturahmi yang cair ini. Kami juga mohon maaf, bila selama ini sering mengganggu warga terlebih karena kami sering parkir di jalan yang membuat macet dan seringkali bapak-bapak mesti mengalah. Untuk itu kami mengucapkan terimakasih atas pengorbanan bapak-bapak semua” ucap Pak Triatmo Adi saat membuka acara.

 Rm Agus S. Gunadi, Pr pun dalam bahasa Jawa mengucapkan rasa terimakasih dan mohon doa kepada para peserta yang hadir. “Raos kula mongkok lan kinurmatan, panjenengan keraya-raya sampun dalu, pun wekadale sare ngaso, ning tetep nyelakke rawuh. Kaping kalih kawula nyuwun donga panjenengan sedaya kangge kawilujengan peziarahan umat ing Sambriroto lan ugi masyarakat sak keliling kita sedaya. Mugi estu binerkahan dening Gusti Allah”

Sementara Ketua RW 02 yang juga mewakili Lurah Sambiroto yang berhalangan hadir mengucapkan selamat ulang tahun untuk paroki kita. Dia juga menekankan bahwa silaturahmi ini dilandasi dengan rasa penuh kasih sayang karena Allah pun mengajarkan demikian.

Silaturahmi sederhana yang cukup hangat ini juga dilakukan pemotongan tumpeng dan pembacaan doa secara Islam yang dipimpin oleh Pak Sholeh, Modin Sambiroto, untuk keselamatan dan kerukunan dalam keberagaman. ** [Elisabet Widyastuti]